Sumedang Bukan Hanya Tahu, Ada Sawo Sukatali yang Legit

0
39 views

Kalau ke Sumedang sebaiknya mampir ke Sukatali di Kecamatan Situraja Sumedang. Di sini ada sawo yang rasanya legit (manis). Rasanya memang berbeda dengan sawo lain. Sawo yang dijajakan di pinggir Jalan Malangbong-Sumedang ini memang memiliki ciri khas sendiri. Bentuknya besar dan kulitnya mulus.

Perbedaan sawo Sukatali dengan sawo kebanyakan adalah buah sawo Sukatali ST1 antara lain karena tipikal buahnya. Buah sawo Sukatali ST1 memiliki keistimewaan, antara lain, rasanya sangat manis dan tidak mudah busuk. Selain itu, jika ditekan, terasa tidak lembek. Konsumen sering terkecoh karena menyangka buah sawo masih mentah. Buah Sawo Desa Sukatali memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vit C buah ini dinilai lebih tinggi dibandingkan apel.

Sebenarnya Sawo Citali pernah berjaya pada tahun 2006. Bahkan produksinya mencapai 14.070 kuintal dan pernah merupakan produksi ke 3 terbesar di Jawa Barat setelah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Garut. Tahun 2007 produksi sawo Kabupaten Sumedang meningkat dari tahun 2006 dengan total produksi 18.631 kuintal. Namun kini produksi sawo Sumedang terjun bebas.

Varietas sawo yang dikembangkan di Kabupaten Sumedang adalah varietas Sukatali ST-1 yang telah dirilis oleh Menteri Pertanian tahun 2002 sebagai varietas unggul. Keunggulan sawo sukatali adalah; 1) Masa pembuahan yang tidak mengenal musim, 2) Konsisten berbuah sepanjang tahun, 3) Daging buah halus dan tidak berserat, 4) Rasa daging buah enak dan manis, 5) Daya simpan buah yang lebih lama, 6) Bentuk pohon rindang. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here